mbot...

mbot...
pengen jadi model gak kesampaian...

Suwy

Suwy
Tida ada bingkai, kaki pun jadi....

Si Ikin

Si Ikin
Hanya Satu kata buat kamu, PRIKITIUW....

Jemblems

Jemblems
Lagi nahan pengen ke blakang, tapi tidak kesampaian

PPP

PPP
Semua Anggota

Cara Permainan Dan Pengumpulan Angka Dalam Bulu Tangkis

>> Senin, 17 Mei 2010

Nama :

Pengumpulan angka dalam bulu tangkis, hampir sama dengan permainan bola voli, di mana bisa mendapatkan angka jika pemain yang mendapatkan servis. Permainan ini dapat menentukan siapa yang harus melakukan servis pertama kali dengan melakukan lemparkan koin, memutar raket atau dengan melempar bola ke udara untuk melihat ke arah mana bola tersebut mendarat. Jika pemain A memenangkan lemparan tersebut, pemain A dapat memilih untuk melakukan servis atau untuk memilih sisi lapangan yang di inginkan untuk memulai permainan. Kedua pemain memulai permainan dengan melakukan servis dari sisi kanan lapangan dengan skor kosong-kosong. Setiap saat mau melakukan servis dari bagian lapangan dimana akan memulai permainan, skornya harus genap apa bila servis tidak sah akan menyebabkan pemain kehilangan poin dan servis akan berpindah kepihak lawan.

Lakukan servis yang melintang ke arah lawan. Kaki pemain yang melakukan servis harus berada di dalam lapangan bagian dalam dan menyentuh lantai hingga servis di lakukan. Bila pemain yang akan menerima servis telah siap, pemain yang melakukan servis hanya mempunyai satu tujuan untuk menempatkan bola dalam permainan dengan servis yang dilakukan di dalam tangan(di bawah kitinggian pinggang atau underhand). Pemain yang menerima servis dianggap telah siap jika ia berusaha memukul bola servis, setelah siap rally atau perpindahan bola. Dan apa bila mau melakukan servis untuk memulai permainan dari sisi lapangan tergantung pada skor yang dimilikinya apakah ganjil atau genap.

Dalam partai tunggal, servis pertama selalu dilakukan dari sisi kanan, karena skor pemain yang melakukan servis adalah kosong yang berarti angka genap. Setiap kali skor pemain genap, servis terus dilakukan dari sisi kanan (2,4,6,8,10, dan seterusnya). Jika nilai bertambah, servis dilakukan dari sisi kiri, yang berarti angka ganjil (1,3,5,7,9, dan seterusnya).

Dalam partai ganda, servis pertama selalu dilakukan dari sisi kanan, karena skor regu yang melakukan servis adalah kosong yang berarti angka genap. Orang pertama berdiri pada sisi kanan dan orang kedua pada sisi kiri, dan bagian yang akan melakukn servis pertama adalah sisi genap. Setiap saat skor regu genap, masing-masing pemain harus berada pada sisi awal. Jika angka dikumpulkan pemain yang melakukn servis bertukar pindah tempat, dan melakukan servis melintang ke arah lawan juga skornya pun menentukan sisi bagian lapangan yang melakukan servis

B. Kekuatan Otot Tungkai

Berbagai cabang olahraga dan pertandingan olahraga menurut kekuatan dan kondisi fisik yang berbeda-beda. Kekuatan atau Strength merupakan salah satu komponen yang penting dalam menentukan keberhasilan seseorang terutama untuk olahraga yang memerlukan kekuatan maksimal atau daya tahan kekuatan (strength endurace). Kebanyakan penampilan keterampilan olahraga melibatkan gerakan-gerakan yang disebabkan oleh kekuatan yang dihasilkan oleh kontraksi otot, kekuatan gaya berat dan kekuatan yang digunakan oleh sesuatau dari luar. Kekuatan melibatkan kombinasi 3 faktor yang menurut Lukman diantaranya ialah

a. Kontraksi kekuatan otot-otot yang dikombinasikan yang menyebabkan gerak.

b. Kemampuan yang mengkoordinasi otot-otot agonist dengan antagonist netrallizer dan otot stabilizer.

c. Fasia mekanik dari susunan tulang yang dilibatkan (Lukman 1993:126)

Jadi kekuatan adalah dasar untuk penampilan seseorang untuk melakukan aktivitas. Dalam permainan bulutangkis memerlukan kekuatan yang maksimal terutama pada saat melakukan lompatan kita harus menekukkan tungkai maka kita harus memiliki kekuatan otot tungkai yang kuat. Seorang pemain bulutangkis apabila memiliki kekuatan otot tungkai yang kuat, maka ia akan dapat ia akan dapat melakukan berlari, berlompat dan dapat terhindar dari cidera serta dapat berpenampilan prima saat bermain. Tungkai adalah porsi yang digunakan luas dalam daya gerak dan mendukung tubuh dalam posisi tegak, tungkai terhindar dari paha, betis, kaki. Sedangkan gerak tungkai menurut Lukman (1993:108) dibagi jadi 4 bagian yaitu :

1. Gerak otot panggul

a) Pembengkokan panggul

b) Pelurusan panggul

c) Penjauhan

d) Perputaran kesamping pinggul

2. Gerak lutut

a) pembengkokan lutut

b) pelurusan lutut

c) perputaran betis

3. Gerak otot engkel

a) Plantar Flexio

b) Dersi Flexio

4. Gerak otot kaki

a) Invensi kaki

b) Eversi kaki

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Trap by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP