mbot...

mbot...
pengen jadi model gak kesampaian...

Suwy

Suwy
Tida ada bingkai, kaki pun jadi....

Si Ikin

Si Ikin
Hanya Satu kata buat kamu, PRIKITIUW....

Jemblems

Jemblems
Lagi nahan pengen ke blakang, tapi tidak kesampaian

PPP

PPP
Semua Anggota

ANALISIS KEKUATAN OTOT TERHADAP RENANG GAYA BEBAS

>> Senin, 17 Mei 2010

ANALISIS KEKUATAN OTOT TERHADAP RENANG GAYA BEBAS

Oleh

Eric Adi Seftian

Abstrak

Masing-masing komponen penguasaan teknik dasar memerlukan kekuatan otot, kecepatan dan kelentukan. Kekuatan merupakan modal dasar yang dibutuhkan oleh seorang atlet untuk dapat melakukan renang secara baik dan sempurna. Oleh sebab itu kekuatan sangat besar pengaruhnya terhadap atlet renang. Terutama kekuatan otot lengan, serta kekuatan otot tungkai. Didalam renang gaya bebas kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai ada hubungannya, karena tidak adanya kekuatan otot salah satunya perenang tidak akan bisa melakukan renang, terutama renang gaya bebas. Kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai tidak bisa diabaikan begotu saja dalam usaha peningkatan prestasi renang gaya bebas. Di dalam olahraga renang gaya bebas bahwa kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai memberikan peranan yang berbeda. Kekuatan otot lengan memberikan sumbangan atau peran yang lebih besar dibandingkan kekuatan otot tungkai terhadap prestasi renang gaya bebas.

Kata kunci : kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, renang gaya bebas


Pembahasan

Dalam olahraga, kebutuhan kemampuan fisik tiap-tiap cabang olahraga sangat berdeda-beda. Ada cabang olahraga yang mengandalkan kekuatan pergelangan tangan, kekuatan otot tungkai dan ada juga yang lebih dominan pada kecepatan. Kekuatan yang ada di dalam diri manusia itu sudah ada semenjak manusia dilahirkan. Tetapi pada saat manusi itu dilahirkan, kekuatannya masih murni. Berkembangnya kekuatan manusia tersebut sejalan dengan bertambahnya usia dan seringnya melatih kekuatan otot. Sehingga kekuatan yang dihasilkan itu menjadi dasar untuk melakukan aktivitas dalam kehidupan manusia, khususnya dalam olahraga renang gaya bebas.

Kecepatan dan kekuatan marupekan aspek fisik yang berkaitan, dalam kecepatan membutuhkan kekuatan. Kekuatan yang berkaitan ini disebut sebagai kekuatan yang cepat. Dalam kecepatan membutuhkan kecepatan kontraksi otot. Contohnya pada saat start renang, disini kecepatan dan kekuatan sangat dibutuhkan. Jika kontraksi otot cepat maka perenang tidak akan terlambat dalam melakukan start, kemudian kekuatan diperlukan pada saat kaki memberi tekanan pada papan blok start saat akan bersiap menekan untuk mengambil start. Semakin kuat kaki memberi gaya tekanan pada blok start maka blok strat juga akan memberikan gaya yang sama kuat dengan gaya yang diberikan oleh kaki namun dengan arah yang berlawanan. Hal ini seperti yang di jelaskan pada hokum Newton 1 (gaya aksi = gaya reaksi).

Penguasaan dalam teknik start dalam olahraga renang terutama renang gaya bebas sangat mutlak diperlukan untuk menunjang keberhasilan perenang tersebut dalam pertandingan. Selain start ada juga penunjang yang lainnya yaitu kekuatan otot tungkai dan kekuatan otot lengan.

Didalam renang gaya bebas kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai ada hubungannya, karena tidak adanya kekuatan otot salah satunya perenang tidak akan bisa melakukan renang, terutama renang gaya bebas. Kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai tidak bisa diabaikan begotu saja dalam usaha peningkatan prestasi renang gaya bebas.

Setiap kecepatan maju dalam berenang adalah hasil dari dua kekuatan. Satu kekuatan cenderung untuk menahannya disebut hambatan yang disebabkan oleh air yang harus didesaknya, kekuatan yang kedua yaitu kekuatan yang mendorongnya maju disebut dorongan diperoleh dari gerak atau tarikan lengan dan kekuatan otot tungkai mempunyai peranan dalam usaha peningkatan prestasi renang.

Di dalam olahraga renang gaya bebas bahwa kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai memberikan peranan yang berbeda. Kekuatan otot lengan memberikan sumbangan atau peran yang lebih besar dibandingkan kekuatan otot tungkai terhadap prestasi renang gaya bebas.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Trap by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP